school and education

Hubungi Kami

Telp  (0335) 420266 (Sekertariat)
Telp (0335)  421113  (Pemadam Kebakaran)

Satpol PP Polisi Pamong Praja, Penegak Perda Tabah jiwa satria, Tak kenal lelah Hymne

Tiga Ambulans Siaga di Satpol PP

Tiga Ambulans Siaga di Satpol PP

     Tidak seperti biasanya, di halaman markas komando Dinas Satpol PP Kota Probolinggo ada mobil ambulans bersiaga. Mobil ambulans itu parkir di halaman depan bersama kendaraan Dinas Satpol PP dan pemadam kebakaran (Damkar).

     Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Satpol PP Aman Suryaman membenarkan. Bahkan menurutnya, mobil ambulans siaga di kantor Dinas Satpol PP mulai 1 April 2021. Pengemudi dan seorang perawat juga berkantor di markas Satpol PP.

     Menurut Aman, tujuannya untuk mendekatkan kendaraan dengan kantor Pelayanan 112 yang berlokasi di kantor walikota. Dengan begitu, akan mempermudah dan mempercepat pelayanan masyarakat yang membutuhkan ambulans yang disiagakan di Satpol PP hanya tiga ambulans, berikut pengemudi dan seorang perawat. Mereka stand by atau piket selama 24 jam. Sedang 26 ambulans lain tetap parkir di Puskesmas Pembantu (Pustu). "Jadi yang piket hanya 3 ambulans bersama sopir dan perawat. Yang lain tetap ada di Puskesmas, menunggu giliran,"terang Aman Suryaman, Minggu(11/4) siang.

     Dengan adanya mobil ambulas yang disiagakan, layanan 112 akan lebih cepat. "Kalau diparkir disini, bisa langsung berangkat,"kata Aman Suryaman.

     Selama ini, kata Aman, ada beberapa kendala ketika seluruh ambulans parkir di masing - masing kelurahan. Masyarakat yang membutuhkan ambulans tidak langsung terlayani. Pihak 112 masih harus menghubungi petugas Pustu atau pihak kelurahan. "Kalau stand by disini bisa langsung terlayani. Kan kantor 112 dekat,"tambahnya.

     Bahkan pihaknya ingin kantor pelayanan 112 satu atap dengan Satpol PP di Jalan Raya Panglima Sudirman. Alasannya, lagi - lagi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan. Nanti kami sampaikan rencana ini ke Pak Wali. Mudah - mudahan di ACC,"kata Aman Suryaman.

Macak Preman, Pol PP Ciduk Remaja Pesta Miras, PSK hingga Waria

Macak Preman, Pol PP Kota Probolinggo Ciduk Remaja Pesta Miras, PSK hingga Waria

Satpol PP Kota Probolinggo menciduk puluhan orang dalam razia penyakit masyarakat (pekat) yang digelar Sabtu (10/04/21) malam. Razia pekat digelar petugas untuk menyongsong tibanya bulan ramadhan.

Razia yang dimulai pukul 22.00 WIB itu menyasar sejumlah titik yang selama ini dikenal sebagai kawasan rawan pesta minuman keras (miras), tempat mangkal para waria hingga pekerja seks komersial (PSK).

Lokasi-lokasi itu diantaranya sepanjang jalur lingkar utara (JLU), rel Kereta Api (KA) di Kelurahan Mangunharjo dan Kebonsari Wetan, area Stadion Bayuangga, DAM di Kelurahan Wiroborang dan lokasi lainnya.

Agar razia mendapatkan hasil maksimal, petugas Pol PP menyamar dengan mengenakan pakaian preman. Di kawasan JLU, petugas penegak peraturan daerah (Perda) itu menciduk sedikitnya 23 remaja yang sedang pesta miras.

Sementara di belakang pos perlintasan rel KA Kelurahan Mangunharjo dan di sekitar Pasar Mangunharjo, petugas mendapati 6 wanita yang diduga PSK berikut seorang laki-laki diduga hidung belang.

Selain itu, petugas menggelandang 5 orang waria yang sedang mangkal. Puluhan orang yang terciduk itu, lantas dibawa ke Mako Satpol PP di Jl. Panglima Sudirman, Kecamatan Kanigaran.

Kasat Pol PP Kota Probolinggo, Aman Suryaman menuturkan, razia menjelang bulan ramadhan ini digelar agar tercipta suasana yang kondusif dan tentram. Sehingga warga yang menjalankan puasa, bisa beribadah dengan tenang.

“Hasil razia malam ini semuanya kita data dan kita cek. Khusus pemuda yang pesta miras l, selain kita beri sanksi fisik, nanti ada pemanggilan orang tua,” ujar Aman Suryaman.

Selama bulan ramadhan, kami akan lebih sering melakukan razia. Pengalaman di bulan ramadhan sebelumnya, masih di temukan pemuda pesta miras dan pelaku prostitusi masih beroprasi,” imbuh Aman Suryaman.

Latihan PBB Satpol PP Kota Probolinggo

KEGIATAN SAMAPTA SATPOL PP DAMKAR KOTA PROBOLINGGO

Kamis (8/4) anggota Satpol PP Damkar Kota Probolinggo melaksanakan kegiatan Samapta Praja Wibawa. Latihan ini meliputi pelatihan baris berbaris (PBB), dengan tujuan untuk membentuk kekuatan mental dan fisik. Mengingat tugas Satpol PP sangat berat sebagai penegak peraturan daerah (Perda).
“Pelatihan mental dan fisik akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan berharap kedepannya bisa menambah bentuk latihan terhadap Satpol PP. Nah, seperti latihan rohani agar anggota Satpol PP tidak hanya memiliki karakter mental dan fisik saja akan tetapi juga memiliki sikap yang santun dan bersahabat agar tidak arogan dalam menegakkan perda.
Bukan hanya untuk ketahanan mental dan fisik, latihan ini juga bertujuan meningkatkan sumber daya manusia anggota Satpol PP Kota Probolinggo, supaya lebih profesional dalam rangka menjaga keamanan, ketertiban dalam menjalankan peraturan daerah.

Tidak Menemukan Pelanggar Protokol kesehatan di Pasar Buah Mastrip Kota Probolinggo

Tidak Menemukan Pelanggar Protokol kesehatan di Pasar Buah Mastrip Kota Probolinggo

     Dinas Satpol PP Damkar Kota Probolinggo dapati tidak adanya temuan pelanggar protokol kesehatanpada operasi gabungan penegakan disiplin protokol kesehatan yang dilaksanakan di Pasar Buah Mastrip bersama Kodim 0820dan Polresta Probolinggo Selasa, (30/3).

     Berdasarkan hasil pantauan prokes di lapangan, baik pedagang maupun pengunjung pasar sama - sama menunjukkan kepedulian dan kesadaran akan pentingnya protokol kesehatan. "Penting untuk tetap menegakkan protokol kesehatan, mencegah penularan yang memungkinkan pemindahan virus dari tempat - tempat yang memiliki resiko tinggi seperti pasar",terang Kasatpol PP Damkar Kota Probolinggo, Aman Suryaman.

     Pengawasan dan penegakan disiplin protokol kesehatan memang perlu dilakukan secara rutin, tapi kunci keberhasilan adalah berangkatdari kesadaran masyarakat itu sendiri. Realitanya, pedagang dan pengunjung pasar buah Mastrip disiplin.

     Ia pun berharap agar disiplin prokes ini dapat dipertahankan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian bersama. Saling melindungi dan mematuhi himbauan pemerintah tentu akan memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada para pengunjung sehingga pada gilirannya akan meningkatkan aktivitas perekonomian di pasar buah Mastrip.

Pengamanan Pasar Tugu Kota Probolinggo

Pengamanan Pasar Tugu Kota Probolinggo

        Minggu (28/3) sekitar pukul 05.00 - 09.00 WIB, Petugas Satpol PP Kota Probolinggo melaksanakan pengamanan Pasar Tugu yang mulai dibuka pada tanggal 28 Maret 2021. Dalam kegiatan tersebut anggota memantau aktivitas para pedagang supaya tidak berjualan di tepi jalan dan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, selalu mencuci tangan serta menerapkan physical distancing. Dihimbau para pedagang untuk selalu menaati peraturan yang telah ditetapkan tanpa harus diawasi petugas. Hal ini bertujuan untuk kepentingan bersama.

        Secara resmi Pasar Tugu Kota Probolinggo dibuka kembali mulai tanggal 27 Maret 2021 dengan jam operasional pukul 05.00 -09.00 WIB dengan mengedepankan protokol kesehatan, sebagaimana tertuang dalam SE Walikota Probolinggo Nomor 066/1424/425.106/2021 tentang Pembukaan Pasar Tugu.

        Sejumlah peraturan yang menjadi dasar dalam pelaksanaan SE Pembukaan Pasar Tugu tersebut harus benar - benar dapahami dan ditaati oleh masyarakat baik pelaku usaha maupun pengunjung. Selanjutnya pemerintah akan terus melaksanakan pengawasan dan peninjauan kembali jika kemudian hari terjadi peningkatan covid-19 Kota Probolinggo.

       Masyarakat menyambut positif SE Pembukaan Pasar Tugu tersebut dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Tidak hanya mengakomodir kepentingan masyarakat agar geliat ekonomi di masa pandemi dapat segera bangkit, tapi juga membangun sinergi bagaimana sektor kesehatan dan perekonomian dapat berjalan beriringan. 

       Mari bersam - sama tingkatkan kepedulian memutus rantai covid-19 di Kota Probolinggo. Ekonomi bangkit, Kesehatan pulih.

rencana aksi 2021INDIKATORBANER.jpgrencana startegis 2021LKJIP 2020renja 2021perjanjian kerja 2021 data pegawai 2021 SKM 2021

Talk to Us - Offcanvas

Hubungi Kami

Telp  (0335) 420266 (sekertariat)
Telp (0335)  421113  (Pemadam Kebakaran)