SATPOL PP TUTUP KONTER HANDPHONE BIRUNYA CINTA

  • 21-11-2018

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Probolinggo menutup konter handphone, Jumat (20/1) sekitar pukul 20.00 WIB. Konter seluler yang berlokasi di Jalan Suroyo itu ditutup lantaran tidak memiliki izin. 

Tak ada perlawanan dari karyawan dan pembeli saat penutupan. Mereka sukarela meninggalkan konter yang diberi nama Birunya Cinta tersebut. Salah seorang karyawan, Masruri, bahkan mengatakan tidak tahu-menahu soal perizinan. "Maaf, saya tidak tahu soal itu. Saya karyawan Pak. Kalau memang disuruh ditutup, ya kami tutup," katanya, sesaat sebelum menutup konternya 

Konter seluler Birunya Cinta itu buka hari pertama. Kegiatan launching-nya diisi dengan kegiatan promosi menggunakan loudspeaker atau sound system. Begitu ditutup, host yang memandu promosi berhenti mendadak. Pengunjung yang membludak satu per satu meninggalkan konter. 

Salah seorang penjual Hp mengaku tidak tahu kalau konter yang ditempati promosi tersebut tak berizin. Ia hanya diminta untuk berjualan sekaligus berpromosi di tempat itu. "Saya tidak tahu kalau tak berizin. Ya enggak masalah kalau ditutup," ujarnya. 

Gatot Supriadi, kasi penyelidikan dan penyidikan Dinas Satpol PP Kota Probolinggo, mengaku menutup konter yang baru dibuka itu karena tidak memiliki izin keramaian. Sedangkan untuk soal izin usaha, dia mangatakan tidak tahu. "Enggak memiliki izin keramaian. Kalau izin usahanya, katanya sih ada," ucapnya sebelum meninggalkan konter. 

Menurutn Gatot, konter Birunya Cinta bisa buka kembali setelah seluruh perizinannya dipenuhi. Gatot berharap, apabila ada warga yang hendak membuka usaha, toko atau semacamnya, diminta untuk melengkapi perizinan sebelum dibuka. "Semoga penutupan seperti ini tidak terjadi lagi. Makanya, izin dulu, baru buka. Jangan seenaknya. Ini ada perdanya," tandas kasi yang menyaksikan penutupan tersebut. (*)