school and education

Hubungi Kami

Telp  (0335) 420266 (Sekertariat)
Telp (0335)  421113  (Pemadam Kebakaran)

Satpol PP Polisi Pamong Praja, Penegak Perda Tabah jiwa satria, Tak kenal lelah Hymne

  • image

    VISI

    Terwujudnya Kota Probolinggo yang kondusif melalui Penegak Perda, Penyelenggaraan Tibumtranmas.

    Lebih lanjut
  • image

    MISI

    Mewujudkan ketentraman dan ketertiban dalam kehidupan masyarakat.

    Lebih lanjut
  • image

    KEDUDUKAN

    Satuan Polisi Pamong Praja merupakan SKPD yang mempunyai kewenangan tugas pokok dan fungsi sebagai Penegak Peraturan Daerah dan Peraturan Pelaksanaannya, Penyelenggara Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Pengawasan Perlindungan Masyarakat yang merupakan salah satu komponen penegak bangsa.

    Lebih lanjut

SIMULASI KEBAKARAN DI KANTOR PEMKOT KOTA PROBOLINGGO

Pegawai Pemkot Probolinggo mendadak heboh, Kamis (5/7/2018). Itu setelah kebakaran dikabarkan terjadi di sebuah kamar mandi di areal kantor pemkot.

Semua pegawai pun di evakuasi. Termasuk Walikota Rukmini dan ratusan peserta rapat koordinasi (rakor) di ruang Puri Manggala Bakti. Sejumlah petugas Satpol PP meminta Rukmini yang saat itu memberikan sambutan, segera meninggalkan ruangan.

Alarm tanda kebakaran pun berbunyi.  Namun, para peserta rakor hanya tertegun. Tidak tahu harus berbuat apa. Sementara kepulan asap semakin pekat di dalam ruangan.

Suasana simulasi penanganan kebakaran yang brerlangsung tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Sudiman, Kasatpol PP saat itu meminta semuanya keluar . “Keluar. Ayo keluar.  Semua yang di dalam ruangan harus keluar.  Jangan lewat tangga ini,  langsung lewat tangga di depan, ” ujarnya. 

Sontak, ASN yang saat itu menggunakan pakaian pandalungan mengikuti arahan pria yang sore dilantik sebagai kepala Dinas Perikanan itu.  Ratusan ASN kemudian keluar melalui pintu depan dan berkumpul di halaman pemkot. 

Beruntung. Kebakaran itu tidak benar-benar terjadi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kota Probolinggo menggelar simulasi penanganan bencana kebakaran, kemarin. BPBD pun berkolaborasi dengan Satpol PP, petugas Damkar, dan PMI.

“Simulasi ini dilakukan sebagai persiapan bagi pegawai untuk menghadapi bencana.  Salah satunya adalah bencana kebakaran, ” ujarnya.

Sementara, Rukmini berharap, dengan simulasi ini, pegawai siap menghadapi bencana kebakaran. “Saat ini sudah masuk musim hujan.  Kemungkinan akan ada banjir.  Jika kemarau,  kemungkinan ada kebakaran.  Di setiap OPD sudah siap dengan alat pemadam kebakaran, ” ujar Rukmini. 

Rukmini pun meminta kepada semua OPD, termasuk kelurahan untuk menyiapkan alat pemadam kebakaran (apar). “Apar ini juga harus dilengkapi dengan petugas yang siap mengoperasikan. Jika di OPD ada 10 apar, maka harus ada 10 petugas yang siap. Sehingga, tidak saling lempar tanggung jawab ketika terjadi kebakaran,” ujarnya.

Kepada petugas Damkar serta tim yang terlibat dalam simulasi, Rukmini pun memberikan masukan agar proses evakuasi bisa berjalan dengan baik. Saya lihat tadi tidak ada penanda jalur evakuasi. Itu perlu disiapkan jalur evakuasi jika terjadi bencana kebakaran,” ujarnya. 

RENCANA STRATEGIS1.jpgINDIKATORBANER.jpgRENCANA STRATEGIS.jpglkjip polpp.jpgRENJA 2017.jpgPERJANJIAN KINERJA 2018.jpg

Talk to Us - Offcanvas

Hubungi Kami

Telp  (0335) 420266 (sekertariat)
Telp (0335)  421113  (Pemadam Kebakaran)