school and education

Hubungi Kami

Telp  (0335) 420266 (Sekertariat)
Telp (0335)  421113  (Pemadam Kebakaran)

Satpol PP Polisi Pamong Praja, Penegak Perda Tabah jiwa satria, Tak kenal lelah Hymne

  • image

    VISI

    Terwujudnya Kota Probolinggo yang kondusif melalui Penegak Perda, Penyelenggaraan Tibumtranmas.

    Lebih lanjut
  • image

    MISI

    Mewujudkan ketentraman dan ketertiban dalam kehidupan masyarakat.

    Lebih lanjut
  • image

    KEDUDUKAN

    Satuan Polisi Pamong Praja merupakan SKPD yang mempunyai kewenangan tugas pokok dan fungsi sebagai Penegak Peraturan Daerah dan Peraturan Pelaksanaannya, Penyelenggara Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Pengawasan Perlindungan Masyarakat yang merupakan salah satu komponen penegak bangsa.

    Lebih lanjut

PELATIHAN PEMADAM KEBAKARAN DI BJBR

Pada hari Selasa tanggal 9 April 2018, bertempat di BJBR telah diadakan kegiatan pelatihan pemadaman kebakaran. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BJBR bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Probolinggo ini diikuti oleh beberapa perwakilan karyawan yang ada di BJBR.

20180509_165041_resized.jpg

Kegiatan ini dimulai dari materi kelas yang disampaikan oleh Bapak Puspito dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Probolinggo. Dalam materi kelas yang berlangsung para peserta diberikan pemahaman mengenai beberapa hal penting yang berkaitan dengan peristiwa kebakaran, diantaranya adalah proses terjadinya api, pemadaman api, dan beberapa materi lainnya.

Menurut Bapak Puspito, hambatan yang sering ditemui oleh petugas pemadam kebakaran dalam menjalankan tugasnya adalah kurangnya kesadaran dan peran serta dari masyarakat. Seringkali petugas mengalami keterhambatan dalam mencapai lokasi kebakaran karena ulah para sopir kendaraan yang tidak mau mengalah pada mobil pemadam kebakaran. Padahal jika menilik aturan yang ada, mobil pemadam kebakaran termasuk dalam golongan VVIP yang berhak memperoleh akses utama di jalan raya.

Masyarakat diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan upaya dini pemadaman, tidak sepenuhnya menggantungkan diri kepada petugas kebakaran. Perambatan api yang sangat cepat membutuhkan penanganan yang cepat pula,sedangkan markas pemadam kebakaran sendiri terkadang lokasinya jauh dari lokasi kebakaran, maka upaya dini masyarakat dapat menjadi solusi yang tepat.

Setelah materi kelas selesai, rangkaian kegiatan selanjutnya adalah praktek simulasi pemadam kebakaran. Materi ini diantaranya yaitu siulasi pemadaman menggunakan APAR dan pemadaman menggunakan hidran.

Simulasi yang dilakukan pertama kali adalah simulasi pemadaman kebakaran menggunakan peralatan tradisional, yaitu menggunakan karung goni yang telah dibasahi. Metode ini merupakan metode pemadaman yang paling sederhana dan cukup berbahaya karena pemadam harus berada sedekat mungkin dengan titik api. Kain goni yang telah dibasahi ditutupkan pada objek yang terbakar sehingga objek tersebut akan padam karena kehabisan oksigen yang merupakan elemen penting dalam reaksi pembakaran.

Kemudian, simulasi yang selanjutnya adalah pemadaman kebakaran menggunakan APAR. Penggunaan APAR relatif lebih mudah dan lebih aman. Dari jarak 3 – 5 meter, pemadam menyemprotkan APAR ke material yang terbakar. Unsur kimia dari APAR akan menghentikan reaksi pembakaran yang sedang berlangsung pada material tersebut.

Simulasi yang terakhir adalah pemadaman menggunakan hidran. Penggunaan hidran untuk memadamkan kebakaran membutuhkan keahlian khusus dari petugasnya. Peralatan yang digunakan pun lebih beragam dibandingkan dua metode sebelumnya. Secara garis besar, metode ini memanfaatkan tenaga air untuk memadamkan api yang menyala.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat bilamana mengalami peristiwa kebakaran, sehingga dapat mencegah kemungkinan kerugian yang lebih besar.

FOTO KEGIATAN

 

 

RENCANA STRATEGIS1.jpgINDIKATORBANER.jpgRENCANA STRATEGIS.jpglkjip polpp.jpgRENJA 2017.jpgPERJANJIAN KINERJA 2018.jpg

Talk to Us - Offcanvas

Hubungi Kami

Telp  (0335) 420266 (sekertariat)
Telp (0335)  421113  (Pemadam Kebakaran)